Tag

, ,

(PART VI)
—————————————- Alhasil kesimpulan ahir yg didapat,menurut data2 dan analisa.Menyimpul kan bahwa nama yg di klaim sebagai sebuah nama keraja’an itu yaitu nama Sakala berak, hanyalah nama sebuah aliran sungai dan sebuah tiyuh pemukiman kuno.

Menilik,dari pengucapan2 tentang nama tersebut,sudah jelas asal nya didapat dari ‘membaca’ dan ‘mendengar’ waghahan(dongeng) Yang berarti, meskipun makna dari nama yg didaulat sebagai nama keraja’an itu bisa di fahami. Namun lokasi tempat serta domisili dari nama tersebut,sampai sa’at ini tidak diketahui.

Yang benar, sebagai asal dan nama SAKALA BERAK tsb,tertulis dg baca’an SAKALA BGHA. jika diperhatikan, kata ‘BGHA’ ini,mirip2 dg nama sebuah sungai yg digali oleh ‘Raja Purnawarman(Taruma) pada abad 4 masehi.yaitu sungai Candra BGHA. Nama ini jk di Indonesia kan ,akan bermakna ‘Candra = bulan dan ‘Bgha(Bagha) = Purnama,berarti sungai yg digali oleh raja tsb,bernama ‘Bulan Purnama’. Begitu jg dg nama ‘Sakala Bgha’ berdasarkan peneletian seorang ahli sejarah yg nama nya sdh disebut sebelum nya(van deer Moulen) beliau mengatakan kalau arti dari kata ‘SAKALA’ tsb,sama dg aliran sungai. Bahasa ini,masih digunakan oleh penduduk yg mendiami kepulauan Mindanao. Dan..jika mengacu pada kesama’an nama tersebut, Maka,yg dimaksud dg kata ‘SAKALA BGHA’ itu bukanlah nama dari sebuah keraja’an. Nama tersebut menunjuk kepada sebuah tempat atau daerah yg berada dialiran sungai tsb.Jadi..,maksud dari nama ‘SAKALA BGHA’ itu sama dg ‘Sungai Bgha(Bagha) atau ‘Sungai Purnama’

Iklan