Tag

, ,

( PART V )

…….. Sedangkan istri dari Twan Raja Kwasa yaitu Putri Bidari putih,(ibu dr Dayang Mustika) seperti nya sdh terlupakan.Menurut wara2,beliau ini,bermakam di desa Pauh Marga Aji Selabung.

Kembali kepokok bahasan awal..Yg menjadi permasalahan disini ,ialah nama sebuah negri yg menurut arsip yg tersimpan di negri Belanda..negri itu bernama’ SAKALO BIAH”/ini catatan nama versi lidah Belanda.Namun,nama ini,sangat identik dg nama ”SAKALA BGHA” yg dibaca oleh sebagian orang,menjadi ”SAKALA BERAK” sebuah negri yg diklaim oleh banyak suku,sebagai negri tua ,asal muasal dari nenek moyang nya suku2 yg ada di jazirah Lampung.

Dengan tanpa mengurangi rasa hormat,kepada para sepuh pendahulu,dan para tokoh2 adat, analysa saya,mengatakan, serta juga sesuai dari ktrangan tambo yg sudah di ulas diatas, maka..> SAKALA BIA >sama dengan SAKALA BGHA yg dibaca menjadi nama SAKALA BERAK.> sama dg #KURI. Yg secara harfiah nya bermakna #Gerbang. Maka,negri yg diribut kan dan tidak diketahui tempat nya itu,terletak di wilayah Muaradua kab.O.K.U.Selatan (Sum-Sel)
Berat dan positiv,daerah Se-la-pon,,yg tercatan di perjalan pendeta Fa hien dikisaran abad 4 masehi,yg juga didaulat oleh Itsing di era abad 6/7 masehi, dg nama To-la-pong/To-la-powang..itu berasal dari nama SE-LA-BUNG..yg hulu nya bersal dari Danau Ranau….

(bersambung)

Iklan