‘Sesuatu yg besar itu, berasal dari yang kecil’ …..

(Part I )

Ditulisan ini,saya berusaha mengungkapkan sebuah opini tentang sejarah. Berdasrkan makna dari kata2 yg sangat jarang di dengar. Adapun pokok ulasan dan bahasan ini, iyalah..mengenai sebuah nama negri yg banyak di klaim oleh banyak orang. Sebagai sebuah nama keraja,an. Yang kata nya,dahulu ada di wilayah Lampung barat. Keraja’an tsb dinamai dg nama SAKALA BERAK,(teks asli nya #SAKALA_BGHA. ) secara harfiah nya,berdasarkan pemaknaan dari bahasa daerah setempat, Sakala> sejenis tumbuhan hutan,yg masih semarga dg ‘Kapulaga’ dan Bgha(di baca’ berak> diartikan dg makna luas). Jadi kesimpulan dari makna Sakal Berak ini,ialah Sakala yg luas.
Namun,meskipun nama ini sudah di klaim secara global oleh banyak fihak,ternyata sampai kini lokasi nya belum bisa di pastikan. Apakah betul negri tsb,memang ada dan bernama begitu? Ataukah..negri tsb memang bukan berada di jazirah Lampoeng,seperti banyak diakui oleh banyyak orang,dan para pemangku adat..yg kata nya,.daerah tsb ,berada di area Lampung barat.
Namun..pada kenyataan nya,seperti pernah di muat di salah sat web(link nya lupa) pada masa pemerintahan Gubernur Jendral Inggris yg berkedudukan di Bengkulen,.Sir Thomas S.Raffles.beliau yg ahli botani dan sejarah ini,sengaja melakukan ekspedisi pencarian. Berangkat dari Krui menyisir daerah perbukitan yg ada disana,namun tdk membuah kan hasil alias nihil. Kesimpulan beliau,neegri yg di klaim sebagai pusat asal muasal orang Lampung itu hanya fiktip. Selanjut nya..berkenaan dg hal itu, sy tertarik dg sebuah berita sejarah yg pernah dimuat di harian ‘ LAMPUNG POS’ di rubrik artikel ‘Lampoeng Toembai’ yg di muat pada tgl 26 April 2015.,karena sedikit banyak nya,berita yg di muat di rubrik tsb,memuat nama tempat dan daerah,dan nama tokoh yg di tuakan oleh salah satu suku kita yg ada di Lampung. Dan nama daerah yg saya maksud itu,seperti nya mirip2 fg nama negri yg sudah di bahas di awal tadi. Judul artikel nya ” MINAK BAGINDOEH”..
Ringkas cerita,..Di daerah Palembang, di dusun #SAKALABIAH.(Koeri) tinggallah seorang laki2 yg bernama ‘Oempoe Seroenting’ anak nya bernama ‘Minak Bagindoeh(Minak Bageduh).berkelana…kemudian tinggal di dusun Penagan (#Pendaga.didekat muara Way(sungai) Saka. Setelah itu,dia pindah lagi ke dusun Jagaraga(ket:l/k 15 dihilir Muaradua).Dia pindah lagi,dan menetap di Gedung Njapar(Nyapah?) daerah Aboeng(abung). Tentu.kt semua pencinta sejarah Lampung,sudah sama tau,kalau Minak Bageduh ini,salah satu tokoh yg di keramat kan khusus nya sdr2 kita dari suku Abung /Menggala.
Nah kisah yg di nukil dari sumber arsip di negri Belanda ini,saya jadikan acua dasar dari nama sebuah daerah, yg nanti nya daerah yg sy maksud,akan di temukan juga di penggalan teks sebuah tambo sejarah,yg sedikit banyak nya isi tambo tsb,merujuk atau menunjuk kesebuah tempat atau daerah yg telah disebutkan diatas yaitu nama SAKA.¤
(BERSAMBUNG .PART II )

Iklan